Coba

#htmlcaption1 Infeksi jamur merupakan penyakit kulit yang mengganggu penampilan setiap orang, terutama pada bagian yang terlihat oleh orang lain. Lesi dari infeksi jamur memiliki beberapa macam variasi dari satu lesi atau banyak dan berbentuk lingkaran cincin ataupun bersisik. Infeksi jamur memiliki beberapa macam sesuai dengan tempat infeksi yaitu Tinea pedis, Tinea cruris, Tinea corporis, Tinea versicolor, Tinea unguinum, dan Tinea capitis Terdapat 2 cara terapi pengobatan untuk infeksi jamur yaitu terapi non-obat dan obat yang memiliki tujuan untuk menghilangkan gejala dan keluhan pasien.

Minggu, 30 Oktober 2016

Tips Pencegahan Oleh Apoteker




Apoteker ada tips nih, buat kalian agar terhindar dari yang namanya terkena infeksi jamur pada kulit seperti kadas/kurap dan panu, apalagi sampai mengganggu penampilan kita, Tipsnya dapat dilihat dibawah ini;
  1. Mandilah minimal 2 kali dalam sehari. Ketika mandi, jangan hanya menghabiskan waktu 2 menit, hanya menggosok tubuh seadanya, dan setelah itu selesai. Bersihkanlah tubuh anda dengan baik dan benar, jika perlu gunakan sabun anti bakteri untuk membuat kulit anda tetap bersih agar jamur tidak mudah tumbuh.
  2. Gunakan handuk tersediri untuk mengeringkan bagian yang terinfeksi.
  3. Jangan menggunakan handuk, baju atau benda lainnya secara bergantian dengan orang yang terkena infeksi.
  4. Hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi jamur.
  5. Jika memungkinkan hindari penggunaan baju dan sepatu yang dapat menyebabkan kulit menjadi basah.
  6. Ganti handuk Anda sesering mungkin. Jangan menggunakan handuk yang sama selama berbulan-bulan. Gantilah handuk Anda satu atau dua kali dalam seminggu.
  7. Gantung pakaian Anda di tempat yang kering. Pakaian yang telah Anda cuci, simpanlah di tempat yang kering.
(BPOM RI, 2012)
Seperti itu ya tipsnya, Semoga selalu sehat dan bersemangat :) 

Daftar Pustaka :

BPOM RI. 2012. Seri Swamedikasi 6: Infeksi Jamur Pada Kulit. InfoPOM. Vol 13 (6). pp:  9-11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar